RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                               :   …………………….

Mata Pelajaran                  :   Matematika

Kelas/semester                   :   IV (Empat) /1 (satu)

Alokasi waktu                    :   6 x 35 menit  (4 X pertemuan)      

 

  1. Standar  Kompetensi      :

1.  Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah

 

  1. Kompetensi Dasar

1.1  Mengidentifikasi sifat-sifat operasi hitung

 

  1. Tujuan Pembelajaran**
  • Siswa dapat Mengetahui jenis operasi hitung secara Disiplin ( Discipline ), Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )
  • Siswa dapat Memberikan contoh sehari-hari yang berhubungan dengan operasi hitung
  • Siswa dapat Melakukan penjumlahan dan perkalian dengan nol
  • Siswa dapat Melakukan perkalian dengan satu
  • Siswa dapat Melakukan perkalian dua angka dengan angka sebelas
  • Siswa dapat Melakukan penjumlahan dan perkalian tiga bilangan berurutan
  • Siswa dapat Mengidentifikasi sifat penyebaran dalam perhitungan

 

Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ), Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

 

  1. Materi Ajar

Operasi Hitung Bilangan

Pertemuan Pertama :

 

1. Sifat Komutatif

Seperti yang telah kamu ketahui, sifat komutatif disebut juga sifat pertukaran.
Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjumlahan berikut.
2 + 4 = 6
4 + 2 = 6
Jadi, 2 + 4 = 4 + 2.
Sifat seperti ini dinamakan sifat komutatif pada penjumlahan.
Sekarang, coba perhatikan perkalian berikut.
2 × 4 = 8
4 × 2 = 8
Jadi, 2 × 4 = 4 × 2.

Sifat seperti ini dinamakan sifat komutatif pada perkalian. Apakah sifat komutatif berlaku pada pengurangan dan pembagian?
Perhatikan contoh berikut.
a. 2 – 4 = –2 dan 4 – 2 = 2
Jadi, 2 – 4 tidak sama dengan 4 – 2, atau 2 – 4 ≠ 4 – 2.
b. 2 : 4 = 0,5 dan 4 : 2 = 2
Diperoleh bahwa 2 : 4 tidak sama dengan 4 : 2, atau 2 : 4 ≠ 4 : 2

 

 

Jadi, pada pengurangan dan pembagian tidak berlaku sifat komutatif.

Pertemuan Kedua :

 

2. Sifat Asosiatif

Pada penjumlahan dan perkalian tiga bilangan bulat berlaku sifat asosiatif atau disebut juga sifat pengelompokan. Perhatikanlah contoh penjumlahan tiga bilangan berikut.
(2 + 3) + 4 = 5 + 4 = 9
2 + (3 + 4) = 2 + 7 = 9
Jadi, (2 + 3) + 4 = 2 + (3 + 4).
Sifat seperti ini dinamakan sifat asosiatif pada penjumlahan.
Sekarang, coba perhatikan contoh perkalian berikut.
(2 × 3) × 4 = 6 × 4 = 24
2 × (3 × 4) = 2 × 12 = 24
Jadi, (2 × 3) × 4 = 2 × (3 × 4).
Sifat ini disebut sifat asosiatif pada perkalian.

Pertemuan Ketiga :

3. Sifat Distributif

Selain sifat komutatif dan sifat asosiatif, terdapat pula sifat distributif. Sifat distributif disebut juga sifat penyebaran. Untuk lebih memahaminya, perhatikanlah contoh berikut.
Contoh 1
Apakah 3 × (4 + 5) = (3 × 4) + (3 × 5)?
Jawab:
3 × (4 + 5) = 3 × 9 = 27
(3 × 4) + (3 × 5) = 12 + 15 = 27
Jadi, 3 × (4 + 5) = (3 × 4) + (3 × 5).

Contoh 2
Apakah 3 × (4 – 5) = (3 × 4) – (3 × 5)?
Jawab:
3 × (4 – 5) = 3 × (–1) = –3
(3 × 4) – (3 × 5) = 12 – 15 = –3
Jadi, 3 × (4 – 5) = (3 × 4) – (3 × 5).
Contoh 1 dan Contoh 2 menunjukkan sifat distributif perkalian terhadap penjumlahan dan pengurangan.

Pertemuan Keempat :

4. Menggunakan Sifat-Sifat Operasi Hitung

Sifat distributif dapat kamu gunakan pada perkalian dua bilangan. Pada perkalian tersebut, salah satu bilangannya merupakan bilangan yang cukup besar. Agar kamu lebih memahaminya, coba pelajari contoh-contoh berikut.
Contoh 1
a. 8 × 123 = …
b. 6 × 98 = …
Jawab:
a. 8 × 123 = 8 × (100 + 20 + 3)
= (8 × 100) + (8 × 20) + (8 × 3)
= 800 + 160 + 24 = 984
Jadi, 8 × 123 = 984.

b. 6 × 98 = 6 × (100 – 2)
= (6 × 100) – (6 × 2)
= 600 – 12
= 588
Jadi, 6 × 98 = 588.
Contoh 2
a. (3 × 46) + (3 × 54) = ….
b. (7 × 89) – (7 × 79) = ….
Jawab:
a. (3 × 46) + (3 × 54) = 3 × (46 + 54)
= 3 × 100
= 300
Jadi, (3 × 46) + (3 × 54) = 300.
b. (7 × 89) – (7 × 79) = 7 × (89 – 79)
= 7 × 10
= 70
Jadi, (7 × 89) – (7 × 79) = 70.

  1. Metode Pembelajaran

Games, Tanya Jawab, dan Latihan

 

  1. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke-1

  • Kegiatan awal

Prasarat Pengetahuan :

–      Sebuatkan jenis-jenis operasi hitung..?

–      Bagaimanakan cara-cara penyelesaian operasi hitung menggunakan operasi hitung ?

Motivasi :

–      Pemahaman menggunakan sifat-sifat operasi hitung.

–      Guru menuliskan tujuan pembelajaran

Pra Pembelajaran :

–      Siswa lebih hati-hati dalam menyelesaikan operasi hitung

–      Memberikan games menarik untuk membangkitkan semangat belajar siswa.

  • Kegiatan Inti

&    Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung

&    Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Melakukan permainan (games) mengenai bilangan bulat, diskusi, memberi contoh besaran  sehari-hari yang menggunakan bilangan positif dan negatif, serta menganalisis dan menyimpulkan jenis operasi hitung secara Disiplin ( Discipline ), Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

F Melakukan percobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal

F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;

F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;

F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;

F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;

F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

&       Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Menyimpulkan materi dan memberikan tugas rumah untuk memantapkan pemahaman siswa.

 

Pertemuan ke-2

  • Kegiatan awal

Apresepsi/ Motivasi

–      Mengingatkan kembali materi sebelumnya.

–      Melakukan permainan (games) mengenai bilangan bulat.

  • Kegiatan Inti

&    Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung secara Disiplin ( Discipline ), Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

&    Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Melakukan percobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal untuk dapat melakukan:

v  penjumlahan dan perkalian dengan nol

v perkalian dengan satu

v perkalian dua angka dengan angka sebelas

&    Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Menyimpulkan materi

F Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

 

Pertemuan ke-3

  • Kegiatan awal

–      Apresepsi/ Motivasi

–      Mendengarkan ceritra lucu yang berkaitan dengan penjumlahan dan perkalian tiga bilangan.

  • Kegiatan Inti

&    Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung

&    Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Melakukan percobaan, diskusi, tanya jawab dan  latihan dengan fasilitas soal-soal untuk dapat melakukan penjumlahan dan perkalian tiga bilangan berurutan secara Disiplin ( Discipline ), Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

&    Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Menyimpulkan materi

F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran

F Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

 

Pertemuan ke-4

  • Kegiatan awal

–      Apresepsi/ Motivasi

–      Mengingatkan kembali tentang  konsep bilangan bulat dan contohnya.

  • Kegiatan Inti

&    Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung secara Disiplin ( Discipline ), Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

&    Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Melakukan percobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal untuk dapat mengidentifikasi sifat penyebaran dalam perhitungan

&    Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Menyimpulkan materi

F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran

F Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya

 

  1. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
  • Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4,
  • Buku lain yang relevan
  • Kegiatan keseharian yang relevan
  1. Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Penilaian

Contoh Instrumen

  • Melakukan operasi hitung dengan sifat pertukaran, pengelompokan, dan penyebaran
  • Menentukan hasil  perkalian dengan bilangan 0 dan 1
  • Menentukan hasil pembagian dengan bilangan 0 dan 1

 

Tugas Individu

dan Kelompok

 

 

 

Laporan buku pekerjaan rumah

 

 

 

 

 

  • Sebutkanlah operasi hitung dengan sifat pertukaran, pengelompokan, dan penyebaran
  • Tentukan hasil  perkalian dengan bilangan 0 dan 1
  • Tentukan hasil pembagian dengan bilangan 0 dan 1

 

Contoh soal :

1. Sifat Komutatif

 

 

 

2. Sifat Asosiatif

 

 

3. Sifat Distributif

 

4. Menggunakan Sifat-Sifat Operasi Hitung

 

 

 

Format Kriteria Penilaian      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

2.

Pengetahuan

 

 

 

Sikap

* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

 

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

4

2

1

 

 

 

 

 

 

 

Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Pengetahuan

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

           

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

…………, ………………….20 …

        Mengetahui                                                                               

        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel Matematika

 

 

          …………………………….                                            …………………………….

NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                               :   …………………….

Mata Pelajaran                  :   Matematika

Kelas/semester                   :   IV (Empat) /1 (satu)

Alokasi waktu                    :  10 x 35 menit  (4 X pertemuan)      

 

  1. Standar  Kompetensi      :

1.  Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah

 

  1. Kompetensi Dasar

1.2.  Mengurutkan bilangan

 

  1. Tujuan Pembelajaran**
  • Siswa dapat Menulis lambang bilangan sesuai dengan nilai tempat secara disiplin dan mandiri
  • Siswa dapat Membandingkan dua bilangan yang melibatkan nilai tempat
  • Siswa dapat Mengurutkan nilai bilangan dari yang terkecil atau terbesar

 

Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ), & mandiri.

 

  1. Materi Ajar

Operasi Hitung Bilangan

  • Mengurutkan Bilangan

–      Mengurutkan bilangan dari bilangan yang paling kecil

–      21,22,23,24,25,26,27,28,29,30

–      mengurutkan bilangan dari bilangan yang paling besar

–      30,29,28,27,26,25,24,23,22,21

Bilangan dan Lambang

  • Menulis Nama dan Bilangan
    Bilangan identik dengan angka, contohnya 580, 680, 780. Lambang identik dengan nama misalnya limaratus delapan puluh, enam ratus delapan puluh, tujuh ratus delapan puluh.
  • Menulis Bentuk Panjang suatu Bilangan
    Panjang suatu bilangan adalah berapa banyak angka yang terdapat pada suatu bilangan dengan menguraikan angka tersebut.
  • Menentukan Nilai Tempat
    563783 bisa ditulis dengan 500.000+60.000+3000+700+80+3
    500.000 sebagai ratusan ribu.
    60.000 sebagai puluhan ribu
    3.000 sebagai ribuan
    700 sebagai ratusan
    80 sebagai puluhan
    3 sebagai satuan

Bilangan Bulat

  • Bilangan Bulat
    Bilangan yang terdiri dari bilangan nol (0), positif (+), dan negatif (-).
    Lambang .. Nama Bilangan .. Lawannya.
    -1 .. negatif satu .. 1
    -2 .. negatif dua .. 2
    -3 .. negatif tiga .. 3
  • Penjumlahan dan Pengurangan
    Catatan = Pengurangan bilangan bulat, sama dengan Penjumlahan dengan lawan Bilangan Pengurangannya.
    Contoh: 7 – 5 = 7 + (-5) = 2
    Catatan = bila ada bilangan negatif bertemu negatif maka hasilnya positif.
  • Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat
    Perkalian berlaku sifat komulatif, asosiatif dan distributif.
    Catatan = jika tanda sama hasilnya positif, jika tanda beda hasilnya negatif
    Contoh :15 x 5 = 75
    -15 x -5 = 75
    15 x (-5) = -75
    -15 x 5 = -75

Pembagian juga berlaku sifat yang sama dengan perkalian yaitu jika tanda (+) dengan (+) hasil (+), jika tanda (+) dengan (-) hasil (-).
Contoh :

75 : 15 = 5
-75 : 15 = -5

  • Bilangan Bilangan Bulat Campuran
    Catatan jika terdapat Penjumlahan dan Pengurangan, atau Perkalian dan Pembagian, kerjakan dari sebelah kiri dulu.
    Contoh 5 + 10 – 1 = (15 – 1 ) = 14
    5 x 2 : 5 = 10 : 5 = 2jika ada kasus Penjumlahan, Perkalian, Pengurangan , Pembagian maka kerjakan operasi Perkalian dan Pembagian dahulu kecuali ada tanda kurung, kerjakan yang ada tanda kurung dulu.
    Contohnya 5 + 6 x 10 = 6×10 + 5 = 65
    (5 + 6)x 10 = 11 x 10 = 110

Angka Romawi

Lambang   Lambang
Desimal Romawi Desimal Romawi
1 I 30 XXX
2 II 40 XL
3 III 50 L
4 IV 90 XC
5 V 100 C
6 VI 400 CD
7 VII 500 D
8 VIII 900 CM
9 IX 1000 M
10 X    
11 XI    
12 XII    
13 XIII    
14 XIV    
15 XV    
16 XVI    
17 XVII    
18 XVIII    
19 XIX    
20 XX    

 

  1. Metode Pembelajaran

Percobaan, diskusi, ekspositori, dan latihan

 

  1. Langkah-langkah Pembelajaran           :

Pertemuan ke 1-2

  • Kegiatan awal

–      Apresepsi/ Motivasi

–      Mengingatkan kembali tentang  konsep bilangan bulat dan contohnya.

  • Kegiatan Inti

&    Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Mengurutkan bilangan secara disiplin dan mandiri

&    Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Melakukan percobaan dengan menggunakan garis bilangan, pengamatan, analisis data dan diskusi untuk dapat menentukan besar bilangan secara disiplin dan mandiri

F Diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal

&    Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa secara disiplin dan mandiri

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Menyimpulkan materi

F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran

F Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya

 

Pertemuan ke 3-4

  • Kegiatan awal

–      Apresepsi

–      Memberikan motivasi dan semangat dengan permainan atau cerita pendek.

  • Kegiatan Inti

&    Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Mengurutkan bilangan secara disiplin dan mandiri

 

&    Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Melakukan percobaan dengan menggunakan media garis bilangan, pengamatan, analisis data dan diskusi untuk dapat menentukan besar bilangan

F Mendemonstrasikan lambang bilangan

&    Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Menyimpulkan materi

F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran

F Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya

 

  1. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
  • Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 .
  • Matematika SD untuk Kelas IV
  • Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 4
  • Garis bilangan

 

 

 

 

 

 

  1. Penilaian

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

  • Membaca dan menuliskan lambang bilangan serta menuliskan nama bilangan

 

  • Menulis lambang bilangan sesuai dengan nilai tempatnya

 

  • Mengurutkan bilangan dengan pola teratur dan tidak teratur

 

Tugas Individu dan Kelompok

 

 

 

Laporan buku pekerjaan rumah

 

 

 

Lengkapilah garis bilangan berikut!

 

…  …–3-2 -1  0  1   2  3 4   5  6

  • Bacakanlah dan Tuliskanlah lambang bilangan serta menuliskan nama bilangan ?
  • Tuliskanlah lambang bilangan sesuai dengan nilai tempatnya ?

 

  • Gurutkan bilangan dengan pola teratur dan tidak teratur ?

 

 

Soal soal :

 

Nama bilangan dari 74.055 adalah
Tujuh puluh ribu empat ratus lima
Tujuh puluh empat ribu lima puluh lima
Tujuh puluh empat ribu lima lima
Tujuh puluh ribu empat ratuslima puluhlima

Nilai tempat dari 4, dari bilangan 34560 adalah
Puluhan
Ratusan
Ribuan
Puluhan ribu

Selisih nilai yang sama pada bilangan 76.631 adalah
5994
5999
5400
5940

Limalangkah ke kanan dari titik -8 adalah
-13
13
3
-3

Hasil dari 85 – 55 adalah
130
-130
30
-30

(-155) + 45 hasilnya
-200
-110
200
110

Nilai dari (-10) – (-11) adalah
21
-1
-21
1

Hasil dari 15 + 5 : 5 adalah
16
4
-16
-4

Nilai n dari ( 8 x 9 ) + ( 7 x 8 ) = n x 8 adalah
18
16
17
20

Angka romawi dari 39 adalah
XXIX
XXXIX
XXXXI
XXIIX

CDIX senilai dengan
409
490
411
509

20 + 40 x 10 -200 : 10 adalah
30
400
380
80

Bilangan romawi MCMLXV jika diubah dengan desimal adalah
1965
1955
1165
1865

Nilai 999 ditulis dengan bilangan romawi adalah
CMCM
CMXCX
CMXCIX
CMIX

Hasil dari 75 + 3 x (-5) – 20 adalah
40
53
103
370

Nilai dari 10 x (-4 + 1 )
30
-30
49
-49

Lawan dari -1700 adalah
1700
-1700
7100
-7100

Angka romawi dari 88 adalah
LXXXVIII
XXCVIII
XXXXXXXVIII
LXXX

Lawan dari 38 adalah
38
-38
83
-83

Bilangan romawi MMCMIX
2990
2999
2909
2099

 

 

 

 

Format Kriteria Penilaian      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

2.

Pengetahuan

 

 

 

Sikap

* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

 

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

4

2

1

 

 

Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Pengetahuan

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

           

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

                                                                                        …………, ………………….20 …

        Mengetahui                                                                               

        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel Matematika

 

 

 

          …………………………….                                            …………………………….

NIP :                                                                     NIP :

 


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                               :   …………………….

Mata Pelajaran                  :   Matematika

Kelas/semester                   :   IV (Empat) /1 (satu)

Alokasi waktu                    :  8 x 35 menit  (4 X pertemuan)      

 

  1. Standar  Kompetensi      :

1.  Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah

 

  1. Kompetensi Dasar

1.3  Melakukan operasi perkalian dan pembagian

 

  1. Tujuan Pembelajaran**
  • Siswa dapat Mengalikan bilangan satu angka dengan dua angka secara Disiplin ( Discipline ),
  • Siswa dapat Mengalikan bilangan satu angka dengan tiga angka
  • Siswa dapat Mengalikan bilangan sepuluh secara berulang
  • Siswa dapat Mengalikan bilangan kelipatan sepuluh
  • Siswa dapat Melakukan pembagian tanpa sisa
  • Siswa dapat Melakukan pembagian bersisa

 

Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

 

  1. Materi Ajar

Operasi Hitung Bilangan

  • Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian

 

  1. Metode Pembelajaran

Percobaan, tanya jawab, dan Latihan

 

  1. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke 1

  • Kegiatan awal

–      Apresepsi/ Motivasi

–      Mengulang  materi sebelumnya.

  • Kegiatan Inti

&    Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Melakukan operasi perkalian dan pembagian

&    Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Melakukan percobaan dan observasi terhadap jumlah beberapa kelompok benda yang memiliki jumlah anggota yang sama banyak, analisis dan diskusi untuk dapat mengalikan bilangan satu angka dengan dua angka dan bilangan satu angka dengan tiga angka

F Latihan dengan fasilitas soal

&    Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Menyimpulkan materi

F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran

F Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya

 

Pertemuan ke 2

  • Kegiatan awal

–      Apresepsi/ Motivasi

–      Mengulang kembali materi sebelumnya dan membahas tugas rumah..

  • Kegiatan Inti

&    Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Melakukan operasi perkalian dan pembagian

&    Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Mendemonstrasikan operasi perkalian dan pembagian dengan jari tangan untuk dapat mengalikan bilangan sepuluh secara berulang dan Mengalikan bilangan kelipatan sepuluh

F Latihan dengan fasilitas soal

&    Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Menyimpulkan materi

F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran

F Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya

 

Pertemuan ke 3

  • Kegiatan awal

–      Apresepsi/ Motivasi

–      Memberikan permainan berhubungan dengan materi sebelumnya untuk mengingatkan siswa.

  • Kegiatan Inti

&    Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Mendemonstrasikan operasi perkalian dan pembagian dengan cara bersusun

&    Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal

&    Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Menyimpulkan materi

F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran

F Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

 

Pertemuan ke 4

  • Kegiatan awal

–      Apresepsi/ Motivasi

–      Membahas materi sebelumnya.

  • Kegiatan Inti

&    Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Mendemonstrasikan operasi perkalian dan pembagian dengan cara bersusun

F Siswa dapat Mendemonstrasikan operasi perkalian dan pembagian dengan jari tangan

&   Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal

&    Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Menyimpulkan materi

F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran

F Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya

 

  1. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
  • Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 .
  • Matematika SD untuk Kelas IV
  • Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 4
  • Benda-benda yang dapat dikelompokan dalam jumlah yang sama banyak

 

  1. Penilaian

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

  • Mengalikan bilangan satu angka dengan bilangan dua angka dan tiga angka
  • Mengalikan bilangan 10 secara berulang dan bilangan kelipatan 10
  • Mengalikan Bilangan dua angka dengan bilangan dua angka dan tiga angka
  • Menghitung pembagian dengan cara tak bersisa dan dengan sisa

 

Tugas Individu dan Kelompok

 

 

 

 

 

 

 

Laporan buku pekerjaan rumah

 

Uraian Objektif

 

 

 

  • 8 x 12 = n, n yang benar adalah …
  • 7 x 236 = …
  • 10 x 10 = …
  • 10 x 10 x 10 = …
  • 1000 x 1000 = …
  • 23 x 24 = n, n yang benar adalah ….
  • 148 x 286 = ….
  • 1.384 : 173 = ….
  • = ….
  • 121 : 7 = … sisa

 

 

Format Kriteria Penilaian      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

2.

Pengetahuan

 

 

 

Sikap

* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

 

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

4

2

1

 

Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Pengetahuan

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

           

 

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

 

 

                                                                                        …………, ………………….20 …

        Mengetahui                                                                               

        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel Matematika

 

 

 

          …………………………….                                            …………………………….

NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                               :   …………………….

Mata Pelajaran                  :   Matematika

Kelas/semester                   :   IV (Empat) /1 (satu)

Alokasi waktu                    :   2 x 35 menit  (1 X pertemuan)      

 

  1. Standar  Kompetensi      :

1. Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah

 

  1. Kompetensi Dasar

1.4  Melakukan operasi hitung campuran

 

  1. Tujuan Pembelajaran**
  • Siswa dapat Menentukan aturan operasi hitung campuran
  • Siswa dapat Menyelesaikan soal ceritra yang mengandung pengerjaan hitung campuran

 

Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

 

  1. Materi Ajar

Operasi hitung bilangan

  • operasi hitung campuran

 

  1. Metode Pembelajaran

Study kasus, Diskusi, pengamatan, dan Latihan

 

  1. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke 1

  • Kegiatan awal

–      Apresepsi/ Motivasi

–      Memberikan games untuk membangkitkan semangat siswa.

  • Kegiatan Inti

&    Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Melakukan operasi hitung campuran

&   Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Melakukan study kasus dengan menggunakan operasi hitung bilangan, pengamatan, analisis dan diskusi untuk dapat menentukan aturan operasi hitung campuran

F Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal

&    Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Menyimpulkan materi

F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran

F Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya

 

  1. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
  • Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 .
  • MatematikaSDuntuk Kelas IV  4 B Esis
  • Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 4

 

  1. Penilaian

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

  • Menghitung operasi hitung campuran

 

Tugas Individu

 

 

Laporan buku pekerjaan rumah

 

  • Hitungkanlah operasi hitung campuran
  • 6 + 4 x 5 = ….
  • 24 x 17 + 42 = ….
  • 12 + 8 x 15 – 9 = ….

 

Format Kriteria Penilaian      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

2.

Pengetahuan

 

 

Sikap

* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

4

2

1

 

Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Pengetahuan

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

           

 

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

 

                                                                                        …………, ………………….20 …

        Mengetahui                                                                               

        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel Matematika

 

 

 

          …………………………….                                            …………………………….

NIP :                                                                     NIP :

 

 

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                               :   …………………….

Mata Pelajaran                  :   Matematika

Kelas/semester                   :   IV (Empat) /1 (satu)

Alokasi waktu                    :   4 x 35 menit (2 X pertemuan)     

 

 

  1. Standar  Kompetensi      :

1. Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah

 

  1. Kompetensi Dasar

1.6  Melakukan penaksiran dan pembulatan

 

  1. Tujuan Pembelajaran**
  • Siswa dapat Melakukan pembulatan bilangan
  • Siswa dapat Melakukan penaksiran operasi hitung

 

Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

 

  1. Materi Ajar

Operasi hitung bilangan

  • penaksiran dan pembulatan

 

  1. Metode Pembelajaran

Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan

 

  1. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke 1-2

  • Kegiatan awal

–      Apresepsi/ Motivasi

–      Membahas tugas rumah bersama-sama.

  • Kegiatan Inti

&    Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Melakukan penaksiran dan pembulatan

&   Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Menginformasikan aturan pembulatan bilangan

F Melakukan latihan dengan fasilitas soal-soal

&    Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Menyimpulkan materi

F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran

F Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya

 

  1. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
  • Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 .
  • MatematikaSDuntuk Kelas IV  4 B Esis
  • Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 4

 

  1. Penilaian

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

  • Menghitung soal penaksiran dan pembulatan

 

Tugas Individu

 

 

Laporan buku pekerjaan rumah

 

  • Hitungkanlah soal penaksiran dan pembulatan ?
  • 1. 534 bila dibulatkan ke puluhan terdekat adalah ….
  • 4.765 bila dibulatkan ke ribuan terdekat adalah ….
  • Berapakah hasil 17 x 25 bila ditaksir dalam puluhan terdekat?

 

Format Kriteria Penilaian      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

 

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

2.

Pengetahuan

 

 

 

Sikap

* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

 

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

4

2

1

 

Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Pengetahuan

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

           

 

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

 

                                                                                        …………, ………………….20 …

        Mengetahui                                                                               

        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel Matematika

 

 

 

          …………………………….                                            …………………………….

NIP :                                                                     NIP :

 

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                               :   …………………….

Mata Pelajaran                  :   Matematika

Kelas/semester                   :   IV (Empat) /1 (satu)

Alokasi waktu                    :  4 x 35 menit  (2 X pertemuan)      

 

 

  1. Standar  Kompetensi      :

1. Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah

 

  1. Kompetensi Dasar

1.6  Memecahkan masalah yang melibatkan uang

 

  1. Tujuan Pembelajaran**

Peserta didik dapat :

  •  Menuliskan nilai uang rupiah
  • Menaksir jumlah harga

 

Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

 

  1. Materi Ajar

Operasi hitung bilangan

 

  1. Metode Pembelajaran

Diskusi,Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan

 

  1. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke 1-2

  • Kegiatan awal

–      Apresepsi/ Motivasi

–      Mengenal uang dengan berbagai macam nilai.

  • Kegiatan Inti

&    Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Memecahkan masalah yang melibatkan uang

&   Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Melakukan oberservasi pada uang

F Menuliskan nilai uang  rupiah

F Menaksir jumlah harga

F Melakukan latihan dengan fasilitas soal-soal

&    Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Menyimpulkan materi

F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran

F Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya

 

  1. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
  • Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 .
  • MatematikaSDuntuk Kelas IV  4 B Esis
  • Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 4
  • Uang dalam berbagai nilai

 

  1. Penilaian

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

  • Menuliskan nilai uang rupiah dan memcahkan masalah yang melibatkan uang

 

Tugas Individu

 

 

Laporan buku pekerjaan rumah

 

  • Tuliskan dengan benar pecahan uang rupiah yang kamu ketahui!
  • Ibu membeli buku seharga Rp 54.250,00 serta membeli rak buku seharga Rp 728.450,00. Berapa taksiran uang yang dikeluarkan Ibu dalam ribuan?

 

 

Format Kriteria Penilaian      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

2.

Pengetahuan

 

 

 

Sikap

* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

 

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

4

2

1

 

Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Pengetahuan

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

           

 

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

 

                                                                                        …………, ………………….20 …

        Mengetahui                                                                               

        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel Matematika

 

 

 

          …………………………….                                            …………………………….

NIP :                                                                     NIP :

 

 

 

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                               :   …………………….

Mata Pelajaran                  :   Matematika

Kelas/semester                   :   IV (Empat) /1 (satu)

Alokasi waktu                    :   2 x 35 menit        

 

  1. Standar  Kompetensi      :

2.  Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah

 

  1. Kompetensi Dasar

2.1  Mendeskripsikan konsep faktor dan kelipatan

 

  1. Tujuan Pembelajaran**

Peserta didik dapat :

  • Mendeskripsikan faktor suatu bilangan
  • Mendeskripsikan kelipatan suatu bilangan
  • Menyimpulkan perbedan factor dan kelipatan

 

Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

 

  1. Materi Ajar

Faktor dan kelipatan

 

  1. Metode Pembelajaran

Diskusi,Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan

 

  1. Langkah-langkah Pembelajaran
  • Kegiatan awal

–      Apresepsi/ Motivasi

–      Melakukan tanya jawab tentang pengukuran.

  • Kegiatan Inti

&    Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Mendeskripsikan konsep faktor dan kelipatan

&   Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Melakukan percobaan dan observasi terhadap beberapa bilangan yang memiliki faktor dan kelipatan,  pengamatan, analisis data dan diskusi untuk dapat mendeskripsikan konsep faktor dan kelipatan

F Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal

&    Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Menyimpulkan materi

F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran

F Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya

 

  1. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
  • Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 .
  • Matematika SD untuk Kelas IV
  • Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 4
  • Bilangan

 

  1. Penilaian

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

  • Mencari kelipatan dan faktor suatu bilangan

 

Tugas Individu

 

 

Laporan buku pekerjaan rumah

 

  • Apa yang dimaksud dengan faktor suatu bilangan, beri contohnya!
  • Apa yang dimaksud dengan kelipatan suatu bilangan, beri contohnya!
  • Apa perbedaan faktor dan kelipatan suatu bilangan ?

 

 

Format Kriteria Penilaian      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

2.

Pengetahuan

 

 

 

Sikap

* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

 

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

4

2

1

 

Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Pengetahuan

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

           

 

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

 

                                                                                        …………, ………………….20 …

        Mengetahui                                                                               

        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel Matematika

 

 

 

          …………………………….                                            …………………………….

NIP :                                                                     NIP :

 

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                               :   …………………….

Mata Pelajaran                  :   Matematika

Kelas/semester                   :   IV (Empat) /1 (satu)

Pertemuan ke                    :   1-3

Alokasi waktu                    :   6 x 35 menit        

 

  1. Standar  Kompetensi      :

2.  Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah

 

  1. Kompetensi Dasar

2.2  Menentukan kelipatan dan faktor bilangan

 

  1. Tujuan Pembelajaran**

Peserta didik dapat :

  • Mempelajari contoh menentukan kelipatan suatu bilangan
  • Mempelajari contoh menentukan bilangan yang lain dengan menambahkan atau mengurangkan dengan selisih bilangan itu
  • Mempelajari contoh menentukan kelipatan persekutuan dari dua bilangan yang lain dengan menambahkan atau mengurangkan dengan selisih bilangan itu
  • Mempelajari cara menentukan faktor suatu bilangan
  • Mempelajari ciri-ciri dari bilangan yang habis dibagi 2, 3, 4, 5
  • Mempelajari mencari faktor persekutuan dua bilangan
  • Mempelajari contoh mengenal bilangan prima dan saringan eratosthemes
  • Membuat saringan eratosthemes
  • Mencari  faktor prima suatu bilangan

 

Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

  1. Materi Ajar

Menentukan kelipatan dan Faktor Bilangan

  • Menentukan kelipatan suatu bilangan
  • Kelipatan persekutuan dua bilangan
  • Menentukan faktor suatu bilangan
  • Faktor persekutuan dua bilangan
  • Faktor prima berfaktor dua bilangan

 

  1. Metode Pembelajaran

Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan

 

  1. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke 1-2

  • Kegiatan awal

–      Apresepsi/ Motivasi

–      Mengulang materi sebelumnya dan membahas tugas rumah.

  • Kegiatan Inti

&    Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Melakukan percobaan dengan menggunakan media balok dan kubus mainan, pengamatan, analisis data dan diskusi untuk dapat menentukan  kelipatan dan faktor suatu bilangan

&   Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal untuk dapat menentukan kelipatan dan faktor persekutuan dua bilangan

&    Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Menyimpulkan materi

F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran

F Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya

 

Pertemuan ke 3

  • Kegiatan awal

–      Apresepsi/ Motivasi

–      Membahas tugas rumah.

  • Kegiatan Inti

&    Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Mendemonstrasikan ciri-ciri bilangan yang habis dibagi 2, 3 dan 5

&   Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal untuk dapat menentukan kelipatan dan faktor persekutuan dua bilangan

&    Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Menyimpulkan materi

F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran

F Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya

 

  1. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
  • Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 .
  • Matematika SD untuk Kelas IV
  • Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 4
  • Balok dan kubus mainan

 

  1. Penilaian

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

  • Menentukan kelipatan suatu suatu bilangan dan kelipatan persekutuan dari dua bilangan
  • Mengenal ciri-ciri bilangan yang habis di bagi 2, 3, 4, dan 5
  • Menentukan faktor dari suatu Bilangan
  • Mengenal bilangan prima dan saringan Eratosthenes serta mencari faktor prima suatu bilangan

 

 

 

 

 

 

Tugas Individu dan Kelompok

 

 

 

isian

 

  • Tuliskan kelipatan dari 12, dan 18!
  • Cari kelipatan persekutuan dari 18 dan 42 !
  • Tuliskan ciri-ciri bilangan yang habis dibagi 2, 3 dan 5
  • Tuliskan faktor dari bilangan 32 dan 48
  • Berapakah faktor persekutuan dari 18 dan 60?

 

 

 

Format Kriteria Penilaian      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

2.

Pengetahuan

 

 

 

Sikap

* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

 

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

4

2

1

 

Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Pengetahuan

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

           

 

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

 

                                                                                        …………, ………………….20 …

        Mengetahui                                                                               

        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel Matematika

 

 

          …………………………….                                            …………………………….

NIP :                                                                     NIP :

 

 

 


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                               :   …………………….

Mata Pelajaran                  :   Matematika

Kelas/semester                   :   IV (Empat) /1 (satu)

Pertemuan ke                    :   1-2

Alokasi waktu                    :   4 x 35 menit        

 

  1. Standar  Kompetensi      :

2.  Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah

 

  1. Kompetensi Dasar

2.3 Menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB)

 

  1. Tujuan Pembelajaran**

Peserta didik dapat :

  • Mencari faktor prima suatu bilangan  dengan menggunakan tabel
  • Mencari faktor prima suatu bilangan  dengan menggunakan pohon faktor

 

Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

 

  1. Materi Ajar

FPB dan KPK

 

  1. Metode Pembelajaran

Percobaan, Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan

 

  1. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke 1

  • Kegiatan awal

–      Apresepsi/ Motivasi

–      Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang KPK dan FPB.

  • Kegiatan Inti

&    Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB)

&   Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Melakukan percobaan dengan menggunakan media bilangan, pengamatan, analisis dan diskusi untuk dapat menentukan  faktor prima suatu bilangan

&    Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Menyimpulkan materi

F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran

F Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya

 

Pertemuan ke 2

  • Kegiatan awal

–      Apresepsi/ Motivasi

–      Mengulang materi sebelumnya untuk mengingatkan siswa.

  • Kegiatan Inti

&    Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB)

&   Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Melakukan diskusi untuk dapat menentukan KPK dan FPB dua bilangan dari faktorisasi prima

F Melakukan latihan dengan fasilitas soal-soal

&    Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Menyimpulkan materi

F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran

F Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya

 

  1. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
  • Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 .
  • Matematika SD untuk Kelas IV
  • Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 4
  • Bilangan

 

  1. Penilaian

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

  • Menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB) dari dua bilangan
  • Menentukan KPK dan FPB dari dua bilangan dengan menggunakan metoda faktor prima

 

Tugas Individu

 

 

 

Uraian
  • Tentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB) dari dua bilangan
  • Tentukan KPK dan FPB dari dua bilangan dengan menggunakan metoda faktor prima

 

 

Format Kriteria Penilaian      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

2.

Pengetahuan

 

 

 

Sikap

* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

 

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

4

2

1

Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Pengetahuan

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7

           

 

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

 

                                                                                        …………, ………………….20 …

        Mengetahui                                                                               

        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel Matematika

 

 

 

          …………………………….                                            …………………………….

NIP :                                                                     NIP :

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                               :   …………………….

Mata Pelajaran                  :   Matematika

Kelas/semester                   :   IV (Empat) /1 (satu)

Pertemuan ke                    :   1-2

Alokasi waktu                    :   4 x 35 menit 

      

  1. Standar  Kompetensi      :

2.  Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah

 

  1. Kompetensi Dasar

2.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB

 

  1. Tujuan Pembelajaran**

Peserta didik dapat :

  • Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dapat diselesaikan dengan FPB dan KPK
  • Membedakan soal ceritra yang dapat diselesaikan dengan FPB dan KPK
  • Menyelesaikan soal ceritra yang berhubungan dengan FPB dan KPK

 

Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

 

  1. Materi Ajar

FPB dan KPK

 

  1. Metode Pembelajaran

Diskusi, Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan

 

  1. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke 1-2

  • Kegiatan awal

–      Apresepsi/ Motivasi

–        Melakukan tanya jawab tentang materi KPK dan FPB.

  • Kegiatan Inti

&    Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB

&    Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Melakukan study kasus  terhadap kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan FPB & KPK, pengamatan, analisis dan diskusi untuk dapat menentukan  kegiatan yang bisa diselesaikan dengan KPK dan FPB.

F Melakukan percobaan dengan menggunakan media mainan anak, pengamatan, analisis data dan diskusi untuk dapat menentukan  kelipatan dan faktor suatu bilangan

F Melakukan latihan dengan fasilitas soal-soal

&    Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Menyimpulkan materi

F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran

F Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya

 

  1. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
  • Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 .
  • Matematika SD untuk Kelas IV
  • Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 4
  • Mainan anak

 

  1. Penilaian

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

  • Menggunakan FPB dalam menyederhanakan pecahan
  • Menggunakan KPK untuk menyamakan penyebut pecahan

 

Tugas Individu

 

 

 

Uraian
  • Bel A berbunyi setiap 12 menit sekali, bel B berbunyi setiap 18 menit sekali, setelah berapa menit kedua bel tersebut akan berbunyi bersamaan?
  • Pak Ijo memiliki 32 bakso dan 48 siomay. Jika ingin dimasukan kedalam mangkok dengan jumlah masing-masing sama banyak, berapa mangkok yang diperlukan, pada setiap mangkok terdiri dari berapa bakso dan berapa siomay?

 

Format Kriteria Penilaian      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

2.

Pengetahuan

 

 

 

Sikap

* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

 

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

4

2

1

 

Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Pengetahuan

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

           

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                       

                                                                                        …………, ………………….20 …

        Mengetahui                                                                               

        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel Matematika

 

 

          …………………………….                                            …………………………….

NIP :                                                                     NIP :

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                               :   …………………….

Mata Pelajaran                  :   Matematika

Kelas/semester                   :   IV (Empat) /1 (satu)

Pertemuan ke                    :   1-2

Alokasi waktu                    :  4 x 35 menit         

 

  1. Standar  Kompetensi      :

3.  Menggunakan pengukuran sudut, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah

 

  1. Kompetensi Dasar

3.1 Menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku dan satuan derajat

 

  1. Tujuan Pembelajaran**

Peserta didik dapat :

  • Menentukan sudut lancip, tumpul dan siku-siku dari bangun datar dan bangun sekitar
  • Menentukan nama sudut
  • Mengukur besar sudut
  • Membandingkan besar dua sudut
  • Mengenal sudut siku-siku dengan menggunakan empat arah mata angin
  • Menentukan besar sudut satu putaran, setengah putaran, dan seperempat putaran dalam satuan derajat

 

Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

  1. Materi Ajar

Menentukan besar sudut

  • Mengenal sudut
  • Mengukur sudut
  • Mengidentifikasi sudut siku-siku bangun datar
  • Sudut pada arah mata angin

 

  1. Metode Pembelajaran

Percobaan, Diskusi, Tanya Jawab, Ekspositori, dan Latihan

 

  1. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke 1-2

  • Kegiatan awal

–      Apresepsi/ Motivasi

–      Mendengarkan cerita lucu yang berhubungan dengan sudut

  •   Kegiatan Inti

&    Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku dan satuan derajat

&    Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Melakukan percobaan dengan menggunakan media segi tiga dan busur derajat, pengukuran, pengamatan, analisis dan diskusi untuk dapat menentukan jenis sudut (lancip, tumpul dan siku-siku)

F Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal

&    Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Menyimpulkan materi

F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran

F Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya

 

  1. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
  • Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 .
  • Matematika SD untuk Kelas IV
  • Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 4
  • Segi tiga
  • Benda sekitar yang memiliki sudut

 

  1. Penilaian

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

  • Mengukur besar sudut dengan satuan tidakbakudan satuanbaku

 

  • Menentukan besar sudut satu putaran, setengah putaran dan seperempat putaran

 

  • Mengenal sudut siku-siku pada arah mata angin

 

  • Menggunakan empat arah mata angin

 

 

Tugas Individu

 

 

 

1sian

 

  • Tentukan jenis sudut pada gambar dibawah!

 

 

 

 

 

  • Tentukan nama masing masing sudut pada bangun dibawah!

 

 

 

 

 

 

  • Tentukan besar sudut bangun dibawah dengan menggunakan busur derajat!

 

 

 

 

 

  • Besar sudut dua putaran penuh adalah … o

 

 

Format Kriteria Penilaian      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

2.

Pengetahuan

 

 

Sikap

* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

4

2

1

 

Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Pengetahuan

Sikap

1.

2.

3.

4.

           

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

 

 

                                                                                        …………, ………………….20 …

        Mengetahui                                                                               

        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel Matematika

 

 

 

          …………………………….                                            …………………………….

NIP :                                                                     NIP :

 

 

 

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                               :   …………………….

Mata Pelajaran                  :   Matematika

Kelas/semester                   :   IV (Empat) /1 (satu)

Pertemuan ke                    :   1-3

Alokasi waktu                    :   6 x 35 menit        

 

  1. Standar  Kompetensi      :

3.  Menggunakan pengukuran sudut, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah

 

  1. Kompetensi Dasar

3.2 Menentukan hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat

 

  1. Tujuan Pembelajaran**

Peserta didik dapat :

  • Mempelajari contoh hubungan hari, minggu, bulan, tahun, windu dan abad
  • Membaca, menulis dan menggambar jam
  • Mempelajari satuan panjang tidakbakudanbaku
  • Mempelajari contoh perhitungan pada satuan ukuran panajang Hlm. 126
  • Mempelajari satuan berat
  • Mempelajari satuan ukuran kuantitas

1 lusin = 12 buah

1 gros = 12 lusin

1 kodi = 20 lembar

1 rim 500 lembar

 

Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

  1. IV. Materi Ajar

hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat

 

  1. Metode Pembelajaran

Diskusi, Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan

 

  1. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke 1-3

  •  Kegiatan awal

–        Apresepsi/ Motivasi

–        Memberikan games menarik untuk membangkitkan semangat belajar siswa.

  • Kegiatan Inti

&    Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Menentukan hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat

&    Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Melakukan percobaan dengan menggunakan media meteran, jam dinding, dan kiloan, pengamatan, analisis dan diskusi untuk dapat menentukan kesetaraan antar satuan panjang, waktu, dan berat

F Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal

&    Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Menyimpulkan materi

F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran

F Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya

 

  1. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
  • Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 .
  • Matematika SD untuk Kelas IV
  • Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 4
  • Alat ukur (meteran, kiloan dan jam dinding)

 

  1. Penilaian

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

  • Menyebutkan hubungan hari, minggu, bulan, tahun, dan abad
  • Menyebutkan hubungan antarsatuan panjang dan antarsatuan berat
  • Menghitung satuan ukuran panjang dan satuan berat
  • Mengenal dan menghitung satuan ukuran kuantitas

 

Tugas Individu

 

 

 

1sian

 

  • 2 hm = … dm
  • 7 dam = … dm = … mm
  • 1 jam = … menit = … detik
  • 2 dag = … kg = … dg
  • dst.
  • Sebutkan hubungan hari, minggu, bulan, tahun, dan abad
  • Sebutkan hubungan antarsatuan panjang dan antarsatuan berat
  • Hitungkanlah satuan ukuran panjang dan satuan berat
  • Kenalkanlah dan menghitung satuan ukuran kuantitas

 

Format Kriteria Penilaian      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

2.

Pengetahuan

 

 

Sikap

* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

4

2

1

 

Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Pengetahuan

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

           

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

                                                                                        …………, ………………….20 …

        Mengetahui                                                                               

        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel Matematika

 

 

          …………………………….                                            …………………………….

NIP :                                                                     NIP :

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                               :   …………………….

Mata Pelajaran                  :   Matematika

Kelas/semester                   :   IV (Empat) /1 (satu)

Pertemuan ke                    :   1-2

Alokasi waktu                    :   4 x 35 menit        

 

  1. Standar  Kompetensi      :

3. Menggunakan pengukuran sudut, panjang, dan  berat dalam pemecahan masalah

 

  1. Kompetensi Dasar

3.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang dan berat

 

  1. Tujuan Pembelajaran**

Peserta didik dapat :

  • Menggunakan kesetaraan satuan dalam perhitungan

 

Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

 

  1. Materi Ajar

Satuan waktu, panjang dan berat

 

  1. Metode Pembelajaran

Diskusi, dan latihan

 

  1. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke 1-2

  • Kegiatan awal

–      Apresepsi/ Motivasi

–        Memberikan games menarik untuk membangkitkan semangat belajar siswa.

  • Kegiatan Inti

&    Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang dan berat

&    Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal

&    Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Menyimpulkan materi

F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran

F Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya

 

  1. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
  • Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 .
  • Matematika SD untuk Kelas IV
  • Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 4

 

  1. Penilaian

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

  • Menghitung panjang, berat, dan waktu dalam soal cerita.

 

Tugas Individu

 

1sian

 

  • 2 jam + 60 menit = … detik
  • 7 dam + 15 dm = … m
  • 2 kg – 50 dag = … g

 

 

Format Kriteria Penilaian      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

2.

Pengetahuan

 

 

 

Sikap

* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

 

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

4

2

1

Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Pengetahuan

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

           

 

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

 

 

                                                                                        …………, ………………….20 …

        Mengetahui                                                                               

        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel Matematika

 

 

 

          …………………………….                                            …………………………….

NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                               :   …………………….

Mata Pelajaran                  :   Matematika

Kelas/semester                   :   IV (Empat) /1 (satu)

Pertemuan ke                    :   1-2

Alokasi waktu                    :  4 x 35 menit        

 

  1. Standar  Kompetensi      :

3.  Menggunakan pengukuran sudut, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah

 

  1. Kompetensi Dasar

3.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan kuantitas

 

  1. Tujuan Pembelajaran**

Peserta didik dapat :

  • Menentukan kesetaraan antar satuan kuantitas
  • Menggunakan kesetaraan satuan kuantitas dalam perhitungan

 

Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

  1. Materi Ajar

Satuan kuantitas

 

  1. Metode Pembelajaran

Percobaan, Diskusi, Tanya Jawab, Ekspositori, dan Latihan

 

  1. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke 1-2

  • Kegiatan awal

–      Apresepsi/ Motivasi

–      Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang sudut.

  •  Kegiatan Inti

&    Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan kuantitas

&   Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Melakukan percobaan dengan menggunakan media kubus mainan, pengamatan, analisis dan diskusi untuk dapat menentukan kesetaraan antar satuan kuantitas

F Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal

&    Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Menyimpulkan materi

F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran

F Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya

 

  1. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
  • Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 .
  • Matematika SD untuk Kelas IV
  • Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 4

 

  1. Penilaian

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

  • Menghitung satuan kuantitas dalam soal cerita.

 

Tugas Individu

 

Laporan buku pekerjaan rumah

 

  • Hitungkanlah satuan kuantitas dalam soal cerita.?

 

 

Format Kriteria Penilaian      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

2.

Pengetahuan

 

 

 

Sikap

* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

 

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

4

2

1

 

Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Pengetahuan

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

           

 

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

 

                                                                                        …………, ………………….20 …

        Mengetahui                                                                               

        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel Matematika

 

 

 

          …………………………….                                            …………………………….

NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                               :   …………………….

Mata Pelajaran                  :   Matematika

Kelas/semester                   :   IV (Empat) /1 (satu)

Pertemuan ke                    :   1-4

Alokasi waktu                    :  8 x 35 menit        

 

  1. Standar  Kompetensi      :

4.  Menggunakan konsep keliling dan luas bangun datar sederhana dalam pemecahan masalah

 

  1. Kompetensi Dasar

4.1  Menentukan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga

 

  1. Tujuan Pembelajaran**

Peserta didik dapat :

  • Mengenal dan menemukan rumus keliling jajargenjang
  • Mengenal dan menemukan rumus  keliling segitiga
  • Mengenal dan menemukan rumus luas jajargenjang
  • Mengenal dan menemukan rumus luas segitiga
  • Menyelesaikan soal yang berhubungan dengan keliling dan luas jajargenjang
  • Menyelesaikan soal yang berhubungan dengan keliling dan luas segitiga

 

Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

  1. Materi Ajar

luas dan keliling bangun datar

 

  1. Metode Pembelajaran

Percobaan, Diskusi, Tanya Jawab, Ekspositori, dan Latihan

 

  1. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke 1-4

  • Kegiatan awal

–      Apresepsi/ Motivasi

–      Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang bangun datar.

  • Kegiatan Inti

&    Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Menentukan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga

&   Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Melakukan percobaan dengan menggunakan media bangun yang berbentuk jajar genjang dan segi tiga, pengamatan, analisis dan diskusi untuk dapat menentukan rumus keliling dan luas jajar genjang serta segitiga

F Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal

&    Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Menyimpulkan materi

F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran

F Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya

 

  1. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
  • Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 .
  • Matematika SD untuk Kelas IV
  • Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 4
  • Bangun yang berbentuk jajar genjang dan segi tiga

 

  1. Penilaian

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

  • Menemukan rumus keliling dan luas jajargenjang
  • Menemukan rumus keliling dan luas segitiga

 

Tugas Individu dan Kelompok

 

 

1sian

 

  • Temukan rumus keliling dan luas jajargenjang

 

  • Temukan rumus keliling dan luas segitiga
  • Instrumen/ Soal

–      Tentukan rumus luas dan keliling bangun dibawah!

                               
                               
                               
                               
                               
                               
                               

–      Hitunglah luas dan keliling bangun diatas!

–      dst.

 

Format Kriteria Penilaian      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

2.

Pengetahuan

 

 

Sikap

* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

4

2

1

 

Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Pengetahuan

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

           

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        …………, ………………….20 …

        Mengetahui                                                                               

        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel Matematika

 

 

          …………………………….                                            …………………………….

NIP :                                                                     NIP :

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                               :   …………………….

Mata Pelajaran                  :   Matematika

Kelas/semester                   :   IV (Empat) /1 (satu)

Pertemuan ke                    :   1-4

Alokasi waktu                    :   8 x 35 menit        

Standar  Kompetensi        :

4.  Menggunakan konsep keliling dan luas bangun datar sederhana dalam pemecahan masalah

 

  1. Kompetensi Dasar

4.2  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga

 

  1. Tujuan Pembelajaran**

Peserta didik dapat :

  • Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan keliling dan luas jajargenjang
  • Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan keliling dan luas segitiga

 

Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

 

  1. Materi Ajar

luas dan keliling bangun datar

 

  1. Metode Pembelajaran

Diskusi, Tanya Jawab, dan Latihan

 

  1. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke 1-4

  • Kegiatan awal

–      Apresepsi/ Motivasi

–      Mendengarkan ceritra menarik yang berhubungan dengan keliling dan luas segitiga dan jajargenjang

  •   Kegiatan Inti

&    Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga

&   Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal

&    Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Menyimpulkan materi

F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran

F Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya

 

  1. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
  • Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 .
  • Matematika SD untuk Kelas IV
  • Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 4

 

  1. Penilaian

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

 

  • Menghitung keliling dan luas jajargenjang

 

  • Menghitung keliling dan luas segitiga

 

 

Tugas Individu dan Kelompok

 

 

 

 

Laporan dan unjuk kerja

 

Uraian Objektif

 

 

 

  • Sebuah tanah berbentuk segitiga dengan panjang 50 m dan lebar 30 m berapa m2 luas tanah tersebut?
  • Adik berlari mengelilingi sebuah lapang yang berbentuk jajar genjang sebanyak satu putaran. Jika panjangnya 25 m dan sisi miringnya 15 m, sudah menempuh berapa meterkah Adi berlari?

 

 

 

 

 

 

 

 

Format Kriteria Penilaian      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

2.

Pengetahuan

 

 

 

Sikap

* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

 

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

4

2

1

 

Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Pengetahuan

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

           

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

                                                                                        …………, ………………….20 …

        Mengetahui                                                                               

        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel Matematika

 

 

          …………………………….                                            …………………………….

NIP :                                                                     NIP :

 

About n'dre alrazhi

i do good, i intend good and i am good

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s